Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat

Dampak Penggunaan Gedget Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak-anak di Gampong Tumbo Baro

Prasetia, Agung (Unknown)
Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penggunaan gadget di era digital saat ini telah menjadi fenomena yang tidak terelakkan, termasuk di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap peningkatan pembelajaran anak-anak di Gampong Tumbo Baro . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memiliki dampak positif maupun negatif terhadap pembelajaran anak-anak. Di satu sisi, gadget mempermudah akses terhadap informasi, menyediakan media pembelajaran interaktif, dan meningkatkan minat belajar. Namun, di sisi lain, penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, penurunan kemampuan sosial, dan ketergantungan pada teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengawasan dan pendampingan oleh orang tua, pengaturan waktu penggunaan gadget, serta optimalisasi konten pembelajaran berbasis teknologi untuk memaksimalkan manfaat gadget dalam proses belajar anak-anak. Dengan pengelolaan yang tepat, gadget dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran di Gampong Tumbo Baro . Kata kunci: gadget, pembelajaran, anak-anak, dampak positif, dampak negatif, Gampong Tumbo baro

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpm

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat focuses to publish research articles related to community engagement and development in all aspects, including Education, Social, Human Resource Development, Health, and technology. The articles must be based on appropriate research methodologies such as ...