Penggunaan gadget di era digital saat ini telah menjadi fenomena yang tidak terelakkan, termasuk di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap peningkatan pembelajaran anak-anak di Gampong Tumbo Baro . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memiliki dampak positif maupun negatif terhadap pembelajaran anak-anak. Di satu sisi, gadget mempermudah akses terhadap informasi, menyediakan media pembelajaran interaktif, dan meningkatkan minat belajar. Namun, di sisi lain, penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, penurunan kemampuan sosial, dan ketergantungan pada teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengawasan dan pendampingan oleh orang tua, pengaturan waktu penggunaan gadget, serta optimalisasi konten pembelajaran berbasis teknologi untuk memaksimalkan manfaat gadget dalam proses belajar anak-anak. Dengan pengelolaan yang tepat, gadget dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran di Gampong Tumbo Baro . Kata kunci: gadget, pembelajaran, anak-anak, dampak positif, dampak negatif, Gampong Tumbo baro
Copyrights © 2025