Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif, mengetahui bagaimana pengaruh variabel gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif, mengetahui bagimana pengaruh variabel motivasi belanja hedonis dan gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan shopee di fakultas ekonomi dan bisnis universitas HKBP nommensen sebanyak 80 responden dengan teknik sampling menggunkan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan kriteria pelanggan shoppe di fakultas ekonomi dan bisnis universitas HKBP nommensen stambuk 2019 dan pengguna aktif shopee. Pengumpulan data data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pembeliam impulsif pada Shopee. Pada pengujian variabel gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Shopee. Uji F didapati bahwa motivasi belanja hedonis dan gaya hidup belanja bersama-sama (simultan) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Shopee. Pada Koefisien Determinasi (R²) bahwa nilai adjusted (R²) adalah 0,497 atau 49,7 % dapat dijelaskan oleh variabel. Sedangkan sisanya sebesar 50,3 % dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024