cover
Contact Name
James Ronald Tambunan
Contact Email
editor.jurnalwidya@gmail.com
Phone
+6281370675107
Journal Mail Official
editor.jurnalwidya@gmail.com
Editorial Address
Jalan T.B. Simatupang No. 161 B, Sunggal Medan, Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Widya
ISSN : 27465411     EISSN : 28075528     DOI : 10.54593
Ruang Lingkup (Scope); Penelitian yang dapat di yang dapat dimuat/diterbitkan pada jurnal Widya ini diutamakan bidang Teknologi Informasi, Bidang Ilmu Komputer, Bidang Informatika, Bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Bidang Sistem Informasi, Bidang Sistem Komputer, Bidang Teknik Komputer, Teknik Perangkat Lunak, Bidang Data Sains, Bidang Ilmu Manajemen, Bidang Ekonomi & Sains, Bidang Bisnis & Informasi. Fokus (Focus) ; Bidang Penelitian dan kajian yang dapat dipublikasikan pada JURNAL WIDYA ialah : Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Basis Data, Aplikasi Interaktif, Multimedia, Ilmu Komputer, Fuzzy Logic, Jaringan Saraf Tiruan, Kecerdasan Buatan, Sistem Kecerdasan, Big Data, Sistem Informasi Enterprise, Rekayasa Sistem, Ekonomi & Sains, Manajemen & Bisnis, Digital Bisnis, E-commerce, Teknik Komputer, Sistem Komputer, Arsitektur Komputer, Jaringan Komputer, Soft Computing, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Komputer, Internet of Thing, Sistem Pakar, Program Aplikasi, Database Management Ssytem, Supply Chain Management,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 180 Documents
Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas xi jurusan akuntansi smk negeri 1 medan t.a 2017/2018 Ayu Fitrida Purba; Dearlina Sinaga; Sopar Simatupang
JURNAL WIDYA Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Widya (awl) : April 2020
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.355 KB) | DOI: 10.54593/awl.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMKNegeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, (3) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan sejumlah 149. Sebanyak 10 siswa digunakan untuk pengujian validitas angket, sedangkan 36 responden sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018; sebesar 3,628 (2) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018; 2,371 (3) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018 dan sebesar 42,3 %.
Analisis pengaruh pendidikan dan pelatihan teknis serta motivasi terhadap kinerja alumni balai pendidikan dan pelatihan industri regional i di medan James Ronald Tambunan
JURNAL WIDYA Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Widya (awl) : April 2020
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1316.407 KB) | DOI: 10.54593/awl.v1i1.2

Abstract

Balai Diklat Industri Regional – I Medan us one of technical executive unitaries in education and training sector is responsible for center for Industrial Education and Training of the Ministry of Industry. Since Regulation number 22 year 1999 for local autonomy is legalized and then has been changed to regulation number 32 year 2003, there are many changes in the structure of organization including reposition and substitution of functionaries and officials in industrial service institution. Due to the reposition, there are many officials still do not have enough technical substantive knowledge about industry sector as their aquip to do their dutter. In order to repair this condition, technical training needs to be done. It aims to synchronize perception between the older and the newer ones. The purpose of this research is to look for and analyze the effect of Technical Training and motivation of alumnae’s work in Balai Diklat Industri Regional I Medan. Hypothesis of the research is Technical Training and motivation affect alumnae’s work in Balai Diklat Industri Regional I Medan. Method use in taking the samples is by using Slovin Formulation in which from 179 populations about 124 samples are taken. Hypothesis is tested by using compound linear regressive analysis. It is held by doing simultaneous test (f test) and partial Test (t test). Both of tests have purpose to know the effect of independent variable to dependent variable on relieance level 95% or ? = 0,005. The result of analysis shows that Technical Training and motivation have simultaneous and significant effect to work motivation of alumnae in Balai Diklat Industri Regional I Medan. The significant level is 0.000. Determinant Coefficient (R2) of independent variable to dependent variable is about 59,3 % and the rest (40,7 %) is affected by another variable that is not used in this research. The result of t test (partial test) shows every independent variable used has significant effect to its dependent variable. Technical Training variable has real effect to the work with significant effect to the work 0.01 with significant level 0,000 smaller than 0,005 (5%).
Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal James Ronald Tambunan
JURNAL WIDYA Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Widya (awl) : October 2020
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.011 KB) | DOI: 10.54593/awl.v1i2.3

Abstract

Dunia pendidikan saat ini masih menampung banyak masalah. Program pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan belum menampakkan hasil seperti yang diharapkan. Jumlah anak usia pendidikan dasar yang berada di luar sistem pendidikan nasional masih sangat besar. Kualitas pendidikan pun masih relatif rendah. Sumberdaya manusia yang berkarakter sebagaimana diungkapkan di atas dapat dicapai melalui pendidikan yang berorientasi pada pembentukan jiwa entrepreneurship, yaitu jiwa keberanian dan ke-mauan menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar, jiwa kreatif untuk mencari solusi dan mengatasi problema tersebut, dan jiwa mandiri dan tidak ber-gantung pada orang lain. Salah satu jiwa entrepreneurship yang perlu dikembangkan melalui pendidikan adalah karakter yang bersumber dari budaya bangsa. Pendidikan karakter berpijak dari karakter dasar manusia, yang bersumber dari nilai moral universal (bersifat absolut) yang disebut sebagai kaidah emas (the golden rule). Pendidikan karakter dapat memiliki tujuan yang pasti apabila berpijak dari nilai-nilai karakter dasar sebagaimana diungkapkan di atas. Penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah harus ber-pijak pada nilai-nilai karakter dasar, yang selanjutnya dikembangkan menjadi nilai-nilai yang lebih banyak atau lebih tinggi (yang bersifat tidak absolut atau bersifat relatif) sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan lingkungan sekolah itu sendiri (Sudrajad, 2010). Pembentukan karakter dimulai dari keinginan untuk mengetahui serta melakukan hal yang baik agar tercipta kebiasaan, baik dihati, pikiran, maupun perilaku. Dalam membentuk karakter positif, peserta didik perlu mengetahui alasan mengapa berbuat baik, merasakan hal yang baik, dan melakukan hal yang baik. Perlunya lingkungan belajar yang positif dan peduli yang ditandai dengan penuh kasih sayang, penuh dengan kepedulian, kompetensi guru dan staf sekolah yang memberikan inspirasi dan bebas dari berbagai bentuk tindak kekerasan, serta pendidikan yang inklusif.
Penerapan aplikasi perhimpunan simpan pinjam mandiri Paroki Padrepio Medan Megaria Purba; Marice Saragih; Veronika Saragih
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1304.328 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.4

Abstract

Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio Medan beralamat di Jalan Beringin III No 9 Helvetia Medan meliputi wilayah Gereja Katolik Paroki Padre Pio Helvetia Medan Keuskupan Agung Medan. Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio adalah salah satu wadah untuk menggalang kekuatan ekonomi rakyat yang perlu didorong dan ditumbuh kembangkan. Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga didalamnya terdapat aturan, kewajiban dan hak setiap anggota. Dengan semangat keinginan untuk menabung diantara para anggota Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio Medan menciptakan modal bersama lalu akan dipinjamkan bagi anggota untuk tujuan kesejahteraan yang diatur sesuai dengan anggaran rumah tangga. Sistem yang digunakan oleh Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio masih menggunakan sistem yang manual dengan pengertian bahwa perhitungan transaksi yang disetor oleh para kolektor kepada bendahara masih menggunakan kalkulator dengan perhitungan berulang kali untuk menghindari terjadinya kesalahan sehingga membutuhkan waktu yang lama.Pemberkasan dan buku anggota yang terdiri dari 213 orang menggunakan pencatatan dalam buku besar folio dan kertas file sehingga untuk mencari data dari setiap anggota membutuhkan waktu yang lama dan sering tidak ditemukan karena bisa tercecer atau alasan lain. Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio perlu melakukan pengembangan sistem yang sedang berjalan yaitu manual menjadi sistem penerapan aplikasi komputer.untuk pengolahan data yang cepat dan akurat. Aplikasi yang diterapkan adalah Aplikasi Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio yaitu hasil penelitian Megaria Purba tahun 2020 . Penerapan Aplikasi Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio dengan melalui pendampingan dan pelatihan para pengguna diantaranya adalah para kolektor,bendahara serta admin yang sekaligus menjadi mitra pengabdian AMIK WIDYALOKA. Pendampingan dan pelatihan dilakukan secara tatap muka dilokasi Koperasi Perhimpunan Simpan Pinjam Mandiri Paroki Padrepio jalan Beringin III No 9 Helvetia Medan dengan menggunakan protokol kesehatan karena suasana covid 19.
Pengaruh ketidakpastian lingkungan dan strategi kompetitif terhadap hubungan sistem kontrol akuntansi dengan kinerja perusahaan perbankan di Kota Medan James Ronald Tambunan
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1214.008 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketidakpastian lingkungan dan strategi kompetitif terhadap hubungan sistem kontrol akuntansi dengan kinerja perusahaan perbankan di kota medan. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial dan simultan hasil efektivitas ketidakpastian lingkungan yang diukur melalui persepsi top manajer terhadap hubungan sistem kontrol akuntansi dan kinerja perusahaan namun dapat memberikan isyarat bahwa ketidakpastian lingkungan yang dipersepsikan top manajer sesuai dengangan kondisi aktual.
Analisis kesulitan pelajar MIS Nurul Hasanah dimasa Pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020-2021 Rahayu Sri Utami
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.741 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.6

Abstract

Upayah yang dilakukan pemerintah dalam menghambat dan memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 adalah dengan menutup sementara proses pembelajaran disekoah maupun dikampus. Oleh sebab ini gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dalam penyampaian materi pembelajaran dan penilaian hasil dari tugas siswa ada terkendala dengan koneksi internet yaitu jaringan internet yang terkadang kurang lancar atau pun dari segi ekonomi yang tidak semua orang tua wali dapat membeli kuota internet ketika kouta sudah habis, maupun tidak semua wali mempunyai android . Kendala tersebut yang akan berdampak pada psikologis anak didik dan menurunya kualitas keterampilan anak. Permasalahan ini yang harus diperhatikan oleh semua elemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan sekolah bagi semua instansi pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.
Perancangan sistem pembelajaran daring menggunakan framework codeigniter (ci) di paud flamboyan jakarta Dinda Yadini; Verdi Yasin; Anton Zulkarnain Sianipar
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1344.141 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.7

Abstract

PAUD flamboyan merupakan salah satu PAUD yang ada di kota Jakarta Pusat. PAUD flamboyan telah menggunakan sistem pembelajaran daring namun belum dimanfaatkan dengan maksimal karena hanya sebatas menggunggah soal dan belum ada fasilitas video yang mengilustrasikan suatu bahasan materi pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat siswa dan guru untuk memanfaatkan sistem pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sistem pembelajaran daring untuk PAUD flamboyan dimana pemberian materi dan pengumpulan tugas dapat dilakukakn secara efektif sehingga pembelajaran daring akan berjalan dengan maksimal. Untuk perancangan sistem pembelajaran daring ini metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode perancangan aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Waterfall dan Unified Modeling Language (UML). Teknik pengujian yang digunakan penulis yaitu pengujian Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran daring yang terkomputerisasi sehingga dapat menghasilkan sistem pembelajaran daring yang efektif dan efisen.
Rancang bangun aplikasi booking Lapangan Futsal pada Kevin Futsal berbasis Android Muhamad Fikri Paturahman; Verdi Yasin; Rachmawaty Haroen
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1483.63 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.9

Abstract

Tekonologi semakin berkembang dan maju pada saat ini sudah tidak terpungkiri lagi. Kemajuan teknologi saat ini yaitu android yang membawa dampak positif dan canggih sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam mengembangkan usaha kepada konsumen. Pada sistem penyewaan lapangan futsal saat ini masih menggunakan sistem manual yang dirasa kurang efektif dan efisien karena dapat menyita banyak waktu dalam pemesanan lapangan futsal. Oleh sebab itu, penulis bermaksud untuk merancang suatu sistem aplikasi yang mempermudah proses dalam penyewaan lapangan futsal. Sistem aplikasi ini dibuat agar pemesan dapat melakukan proses penyewaan melalui online tanpa harus mendatangi lokasi lapangan terlebih dahulu, sistem aplikasi ini juga dapat memperlihatkan jadwal lapangan yang masih tersedia.Penelitian ini dibangun dengan metode pengembangan sistem SDLC dengan model Waterfall,untuk permodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) serta perangkat lunnak yang digunakan dalam membangun sistem ini menggunakan bahasa pemrograman JAVA.Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan studi Pustaka.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi booking berbasis android ini dapat memudahkan dalam proses pemesanan.
Penerapan penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar di Sekolah Yabes School Medan Marice Saragih; Risma Hartati; Ropinus Sidabutar; Rini Wati Sembiring
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.683 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.10

Abstract

Video Interaktif adalah metode penceritaan berbasis audio visual yang akan mengajak penonton sebagai pengguna, pemilik dan partisipan aktif terhadap media yang dikemas secara sinematik. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memicu dan merangsang belajar siswa sehingga termotivasi dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris dan tentunya juga meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Melalui kegiatan ini juga dapat menjadi masukan bagi guru bahasa Inggris di SD Yabes School dalam mengajarkan Bahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dibagi menjadi lima bagian yaitu kegiatan pre-test, exsplorasi, elaborasi, konfirmasi dan post-test. Pada tahap pre-test para peserta mengerjakan soal yang diberikan tanpa menggunakan video interaktif, pada tahap explorasi nara sumber melakukan brainstorming kepada peserta yang berhubungan dengan video interaktif, setelah melakukan brainstorming narasumber melakukan kegiatan elaborasi, yaitu penjelasan materi tentang penggunaan video interaktif dan menerapkan video interaktif dalam belajar bahasa Inggris, pada tahap konfirmasi peserta diarahkan untuk membentuk kelompok dan mempersentasikan hasil diskusi di depan kelompok lainnya. Pada tahap post-test peserta mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi pelatihan dengan hasil terdapat peningkatan nilai post-test meningkat menjadi 76,60 atau 59,26 % dimana hasil rata-rata pre-test 45.40 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan video interaktif sangat signifikan dapat meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris siswa SD kls V Yabes School
Upaya meningkatkan hasil belajar bahasa inggris melalui model pembelajaran e-learning di SD Yabes School Buce Gery sixson; Megaria Purba; Marice Saragih
JURNAL WIDYA Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Widya (awl) : April 2021
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.482 KB) | DOI: 10.54593/awl.v2i1.11

Abstract

Pembelajaran daring pada Era New Normal diharapkan untuk meningkakan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang mempunyai potensi intelegensi untuk menghadapi abad ke-21. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan e-learning sangat efektif dilakukan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar bahasa Inggris Siswa dengan menggunakan model pembelajaran E-Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang mana dalam melihat hasil penelitian ini dibagi dalam dua kelas, satu kelas adalah untuk kontrol group dan satu kelas untuk experimental kelas masing-masing kelas di adakan pre-test dan post test. Dalam penelitian ini ditemukan siswa sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan E-learning, seluruh siswa aktif dalam pembelajaran dan aktif mengerjakan latihan yang telah diberikan oleh dosen. Dengan adanya penerapan model pembelajaran E-Leraning tersebut siswa dapat lebih aktif belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di kelas experimental nilai yang terendah di dalam pre-test adalah 35 dan yang tertinggi adalah 71, sementara nilai yang terendah di dalam post-test adalah 63 dan nilai yang tertinggi adalah 88. Nilai rata-rata dari pre-test adalah (53,40) dan post test ( 76.00). jadi deviasi adalah 22,6. Dari tabel 2 diatas dapat di lihat bahwa dalam kelas kontrol , skore yang terrendah dalam pre-test adalah 34 dan skor yang tertinggi adalah 72. Sementara peningkatan rata-rata nilai dari pre test (48,66) to post-test (55.33). Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa ketika diterapkan model pembelajarn E-Learning.

Page 1 of 18 | Total Record : 180