Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol. 5 No. 1 (2024): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen

STRATEGI PERENCANAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATKAN MUTU DI SD MUTIARA 17 AGUSTUS 2

Rahayu, Assya Meidia Sari (Unknown)
Ratnaningsih, Sita Ratnaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah menetapkan strategi perencanaan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. EFE (Internal Factors Evaluation), IFE (Internal Factors Evaluation) dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats Analysis) digunakan untuk menentukan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada pendefinisian strategi pembiayaan  SD Mutiara 17 Agustus 2 untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sumber data berasal dari Wakil Kepala Sekolah dan Bendahara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/validasi. Hasil survei menunjukkan bahwa strategi pembiayaan  yang sesuai dengan SD Mutiara 17 Agustus 2  menerapkan strategi WT atau  mendukung defensif. Strategi  untuk meminimalisir kelemahan untuk meminimalkan ancaman. Dengan kata lain, sekolah memaksimalkan penggunaan sumber daya manusia dan membatasi biaya  dengan memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki dan memanfaatkan peran komite, dan kemitraan. Misalnya, sekolah dapat  dapat mengukur prioritas bersama untuk berpartisipasi dalam kompetisi, menginformasikan kepada komite tentang kebutuhan sekolah  untuk meningkatkan kualitas pendidikan, membangun sarana dan prasarana sekolah, atau gaji guru/staf honorer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komitmen

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Komitmen; Jurnal Ilmiah Manajemen diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini menerbitkan hasil riset empiris pada bidang ilmu Manajemen meliputi Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan, Operasional, ...