Tujuan penelitian ini adalah menetapkan strategi perencanaan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. EFE (Internal Factors Evaluation), IFE (Internal Factors Evaluation) dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats Analysis) digunakan untuk menentukan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada pendefinisian strategi pembiayaan SD Mutiara 17 Agustus 2 untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sumber data berasal dari Wakil Kepala Sekolah dan Bendahara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/validasi. Hasil survei menunjukkan bahwa strategi pembiayaan yang sesuai dengan SD Mutiara 17 Agustus 2 menerapkan strategi WT atau mendukung defensif. Strategi untuk meminimalisir kelemahan untuk meminimalkan ancaman. Dengan kata lain, sekolah memaksimalkan penggunaan sumber daya manusia dan membatasi biaya dengan memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki dan memanfaatkan peran komite, dan kemitraan. Misalnya, sekolah dapat dapat mengukur prioritas bersama untuk berpartisipasi dalam kompetisi, menginformasikan kepada komite tentang kebutuhan sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, membangun sarana dan prasarana sekolah, atau gaji guru/staf honorer.
Copyrights © 2024