Euclid
Vol 10 No 1 (2023)

Desain Bahan Ajar Berbasis Geogebra Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Materi Geometri Transformasi SMK

Cahyadi, Muhammad Helmi (Unknown)
Noto, Muchamad Subali (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi Geometri Transformasi, dan kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh guru maupun peserta didik. Geogebra sangat efektif pada kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang valid dan praktis berupa modul berbasis Geogebra. Penelitian ini merupakan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, tes, lembar validasi, dan lembar praktikalitas. Bahan ajar ini diuji kevalidannya oleh 4 orang validator, yaitu 2 orang validator materi serta 2 orang validator media sedangkan uji kepraktikalitasannya kepada 9 orang praktisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahan ajar berbasis Geogebra ini valid dan praktis. Berdasarkan hasil validasi materi dengan  persentase 96,38%, validasi media 90,74%, dan praktikalitas dengan persentase 90,22%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan praktis digunakan oleh peserta didik.Kata Kunci: Bahan Ajar, Geogebra, ADDIE

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...