Untuk meningkatkan mutu persekolahan pada periode masyarakat 5.0, diperlukan kemajuan dalam peningkatan pelatihan. Dengan mengembangkan inovasi media pembelajaran yang sejalan dengan pendekatan pembelajaran yang dapat membekali siswa dengan zamannya, penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran. Modul digital berbasis pendekatan STEAM pada materi berbentuk segi empat dan segitiga dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang valid dan bermanfaat sebagai solusi. Metode Penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D. Tiga validator menilai validitas bahan ajar: validator media, validator materi dan validator bahasa, kemudian dilakukan uji kepraktisan dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan skala maksimal 4,00 nilai validasi media 3,73, nilai validasi materi 3,70, dan nilai validasi bahasa 3,73. Hal ini menunjukkan bahwa modul digital dapat digunakan dengan cara yang sangat praktis. Persentase rata-rata kepraktisan modul digital sebesar 81,31% menunjukkan sangat praktis. Selain itu, modul digital berbasis STEAM dinilai cukup efektif dengan nilai N-Gain sebesar 0,5651 untuk uji efektivitas. Oleh karena itu, modul digital yang dikembangkan dapat dikatakan bermanfaat dan efektif untuk pembelajaran materi berbentuk persegi panjang dan segitiga.Kata Kunci: E-Modul, Pendekatan STEAM, Model 4D, Segi empat, Segitiga.
Copyrights © 2023