Euclid
Vol 10 No 3 (2023)

KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Ulyani, Oki (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Irawati, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di SMP Hidayatul Mubtadi’in Singosari Malang yang melibatkan siswa kelas tujuh. Peneliti memberikan soal geometri kepada siswa kelas tujuh, kemudian dipilih dua siswa yang terdiri dari 1 laki-laki dan 1 perempuan sebagai subjek penelitian yang memiliki kelengkapan jawaban tulis, kemampuan komunikasi matematis, belum pernah melakukan tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan bersedia dilakukan wawancara. Aspek komunikasi matematis tulis yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tiga aspek yakni 1) menulis (writing), 2) ekspresi matematika (mathematical expression), 3) menggambar (drawing). Siswa perempuan memenuhi tiga aspek komunikasi menulis informasi dengan tepat, mengekspresikan proses penyelesaian matematis , dan merepresentasikan secara visual. Sedangkan siswa laki-laki hanya menuliskan informasi, mengekspresikan langkah penyelesaian, namun tidak menunjukkan aspek menggambar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...