Euclid
Vol 10 No 4 (2023)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN STEAM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Akbar, Farich (Unknown)
Budi Waluya (Unknown)
Bambang Eko Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar matematika di MTs Asy Syarifah Kota Semarang banyak siswa yang merasa kesulitan merepresentasikan jawabannya dalam bentuk gambar maupun simbol. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning pendekatan STEAM terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis pada model pembelajaran Problem Based Learning pendekatan STEAM ditinjau dari gaya belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed-methods sequential explanatory design. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas 8 di MTs Miftahussa’adah dengan menggunakan simple random sampling peneliti mendapatkan kelas 8C sebagai kelas eksperimen dan kelas 8A sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas eksperimen yang mengisi angket gaya belajar diambil 6 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditory dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis minimal kategori sedang dalam model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEAM lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan representasi matematis minimal kategori sedang dalam model pembelajaran PBL biasa. Diperoleh deskripsi kemampuan representasi matematis pada model pembelajaran PBL pendekatan STEAM ditinjau dari gaya belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...