Euclid
Vol 10 No 4 (2023)

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : KEMAMPUAN MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Adela Anggraini (Unknown)
Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis meta data terkait kemampuan matematika siswa yang diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, yakni dengan melihat dari tujuan penelitian yang mengaitkan kemampuan matematika diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Tinjauan sistematis ini mengidentifikasikan 23 studi melalui database Google Scholar yang terbit pada tahun 2019-2023. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan semua artikel terkait kemampuan matematis ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, dengan kriteria seleksi dan menggunakan protocol PRISMA sebagai pedoman instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat tujuan penelitian terkait kemampuan matematika yang diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert yaitu: (1) penelitian yang bertujuan untuk melihat apakah tipe kepribadian ekstrovert dan introvert mampu mengembangkan semua indikator kemampuan matematika; (2) penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan matematika diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert yang berpengaruh pada gaya belajar; (3) penelitian yang bertujuan untuk melihat gambaran proses kemampuan matematika diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert; dan (4)  penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model  pembelajaran terhadap kemampuan matematika diamati dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...