Indonesian Journal of Digital Public Relations
Vol 4 No 1 (2025): Agustus

TELAAH CITRA TOMORO COFFEE ATAS TEMUAN KECOA DI MINUMAN MELALUI BINGKAI TIGA BERITA DARING

Agustinus, Ferdinand (Unknown)
Marta, Rustono Farady (Unknown)
Tjajadi, Octavia Putri (Unknown)
Lumampauw, Andreas (Unknown)
Chinmi, Maichel (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Peristiwa yang diunggah ke media sosial mengenai kecoa yang ditemukan di cangkir minuman Tomoro Coffee oleh akun X @Katapalindrom menjadi buah bibir warganet. Kasus ini mencuri berbagai atensi publik akibat berbagai spekulasi muncul dan membawa citra Tomoro Coffee buah bibir perbincangan Warganet hingga akhirnya mencuat ke berbagai pemberitaan, beberapa diantaranya: Suara.com, Jawa Pos dan VOI.ID. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara ketiga media tersebut melakukan konstruksi pemberitaan terkait unggahan temuan kecoa di dalam cangkir minuman oleh akun X @Katapalindrom. Analisis yang digunakan merupakan model Pan & Kosicki, serta menggunakan Teori Pengelolaan Impresi dalam menelaah objek penelitian. Hasil penelitian tersebut menjabarkan bahwa: 1). Sintaksis, di mana ketiga media tersebut menjabarkan beragam komentar serupa dari berbagai komentar warganet, penggunaan lead pada Suara.com dan Jawa Pos memberikan atensi besar terhadap dinamika yang timbul; 2). Skrip, dalam hal ini ketiga media tersebut memberikan pemaparan yang baik mengenai 5W+1H dalam menyajikan peristiwa berdasarkan fakta di tempat kejadian; 3). Tematik, pada bagian ini menjabarkan keterhubungan antara kalimat satu dengan kalimat lainnya; 4). Retoris, dari ketiga media tersebut sama-sama menggunakan unsur leksikon seperti atensi publik dalam menjabarkan fenomena yang menegaskan kasus tersebut dengan bingkai subjektif baik Suara.com maupun Jawa Pos, berbeda dengan VOI.ID yang memaparkan peristiwa sebagaimana diceritakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJDPR

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Jurnal of Digital Public Relations (IJDPR) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara periodik yang bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perpektif, paradigm, dan metodelogi yang fokus pada kajian public relations. Ruang lingkup (scope) dari kajian jurnal ini adalah: Public Relations ...