Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 5 No. 1: 2025

Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pencegahan Kasus Bullying pada Anak Usia Dini

Maudy, Nurul Maulidiya Agustina (Unknown)
Oktavianingsih, Eka (Unknown)
Fitroh, Siti Fadjryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Sekolah Ramah di Taman Kanak-kanak berkomitmen menjamin, memenuhi, dan menghormati hak anak, sekaligus menjamin perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, dan penganiayaan selama pendidikannya. Adanya sekolah ramah anak belum tentu menjamin tidak ada kasus kekerasan termasuk perundungan pada anak usia dini. Kasus intimidasi masih terjadi, termasuk pelecehan verbal (mengejek) dan agresi fisik (memukul). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam mencegah bullying. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan sebanyak lima guru di TK Anna Husada. Pengambilan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilalui melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru meliputi: 1) Memahami karakteristik peserta didik dan menyelenggarakan kelas untuk memastikan kesempatan yang sama; 2) Menerapkan teori dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak; 3) Mendemonstrasikan komunikasi yang saling menghormati sebagai teladan; 4) Mengevaluasi pembelajaran melalui teknik penilaian yang beragam dan melibatkan orang tua dalam diskusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...