Berkat kemajuan teknologi, metode penyampaian materi melalui alat digital telah mengalami perubahan drastis. Meskipun teknologi pendidikan berkembang pesat, penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab masih terhambat oleh berbagai masalah kompleks yang mengganggu proses belajar mengajar secara optimal. Salah satu kendala utamanya adalah terbatasnya akses terhadap aplikasi dan platform digital yang sejalan dengan kurikulum bahasa Arab. Melalui studi literatur mendalam, penelitian ini berupaya menemukan strategi efektif guna mengatasi tantangan tersebut dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.Metode penelitian pustaka mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber seperti buku, artikel, dan jurnal. Tujuannya memahami konteks topik, meninjau hasil penelitian terdahulu, mengidentifikasi kekosongan literatur, serta membangun dasar teoretis studi lanjutan. Prosedurnya mencakup identifikasi topik, pencarian sumber, evaluasi kritis, sintesis data, hingga penyusunan laporan penelitian. Pendekatan ini secara efektif memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya pemahaman dan pengembangan teori.Penggunaan teknologi melalui aplikasi interaktif yang mengintegrasikan simulasi percakapan, umpan balik langsung, dan gamifikasi terbukti meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa. Metode Thariqah Mubasyarah mendukung latihan aktif dan memperkuat ingatan kosakata serta tata bahasa. Kombinasi teknologi dan pengajaran tradisional mendorong partisipasi, kelancaran, serta respons cepat dalam komunikasi. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar adaptif yang mendukung perbaikan komunikasi secara signifikan bersama-sama.
Copyrights © 2025