Penelitian ini berfokus pada pengembangan program pembelajaran IPA Sains bagi siswa SD/MI yang diarahkan untuk menumbuhkan sikap ilmiah serta kemampuan berpikir kritis sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan acuan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi konseptual, dan evaluasi. Kajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang berbasis inkuiri dan proyek mampu menumbuhkan rasa ingin tahu, ketelitian, dan keterampilan analisis siswa terhadap fenomena ilmiah. Program yang dirancang memadukan kegiatan eksploratif dengan media sederhana di lingkungan sekitar, agar anak lebih mudah memahami konsep sains secara nyata. Melalui telaah terhadap berbagai hasil penelitian, program ini dinilai memiliki potensi untuk membangun karakter ilmiah siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna. Dengan demikian, rancangan program ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru SD/MI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025