Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara
Vol. 1 No. 11 (2025): Menulis - November

Pengembangan Program Pembelajaran IPA Sains Untuk Anak SD/MI Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berpikir Kritis

Siti Nur Kolifatul Hasana (Unknown)
Arifah Sasta Firdausiah (Unknown)
Muhammad Suwignyo Prayogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan program pembelajaran IPA Sains bagi siswa SD/MI yang diarahkan untuk menumbuhkan sikap ilmiah serta kemampuan berpikir kritis sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan acuan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi konseptual, dan evaluasi. Kajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang berbasis inkuiri dan proyek mampu menumbuhkan rasa ingin tahu, ketelitian, dan keterampilan analisis siswa terhadap fenomena ilmiah. Program yang dirancang memadukan kegiatan eksploratif dengan media sederhana di lingkungan sekitar, agar anak lebih mudah memahami konsep sains secara nyata. Melalui telaah terhadap berbagai hasil penelitian, program ini dinilai memiliki potensi untuk membangun karakter ilmiah siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna. Dengan demikian, rancangan program ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru SD/MI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menulis

Publisher

Subject

Other

Description

Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara adalah jurnal multidisiplin yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang relevan dalam berbagai bidang ilmu, baik ilmu sosial, humaniora, sains, teknologi, hingga kajian budaya Nusantara. Jurnal ini menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan ...