Anak usia dini penting sekali untuk diajarkan mereka mengenai makhluk hidup yang berada di sekitar mereka contohnya seperti pengenalan hewan. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk media pengenalan hewan adalah teknologi augmented reality berbasis android. Aplikasi augmented reality pada umumnya masih banyak menggunakan marker khusus. Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi bergantungan pada marker karena aplikasi hanya dapat dijalankan jika marker tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan objek 3D pada lingkungan augmented reality tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android dan mengetahui sudut kemiringan kamera yang baik, dan jarak yang baik terdeteksi. Aplikasi dibuat menggunakan metode markerless user defined target. Hasil dari penelitian ini yaitu, jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target buku adalah 40 cm dan 60 cm dengan sudut 0o dan 30o. Jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target bantal adalah 20 cm - 60 cm dengan sudut 0o - 60o. Jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target kotak kosmetik adalah 20 cm dan 40 cm dengan sudut 0o dan 30o.
Copyrights © 2021