Salah satu metode pembelajaran yang penting dari strategi student centered adalah Self-Direct Learning (SDL) atau yang dikenal sebagai belajar mandiri, dimana regulasi diri dan dukungan orang tua merupakan faktor yang memiliki peran terhadap kesiapan belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan regulasi diri dan dukungan orang tua terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 130 mahasiswa yang sudah dipilih melalui metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan uji statistic menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara regulasi diri dan dukungan orang tua terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023.
Copyrights © 2024