MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 6 No. 1 (2019): Maret

Hubungan Pengetahuan Siswa tentang Organisasi dan Sikap Demokratis dengan Perilaku Menghargai Perbedaan Siswa Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

Yahya, Rokiba (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokrasi secara bersama-sama dengan perilaku menghargai perbedaan. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V SD yang ada pada Gugus II Kecamatan Sukaraja Bogor yang berjumlah 182, dari seluruh populasi tersebut kemudian diambil sampel sebanyak 40 siswa menggunakan Teori Slovin. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Guna mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner, kemudian yang diperoleh dari pengumpulan kuisioner kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokratis secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan sangat kuat dengan Prilaku menghargai perbedaaan di SD Gugus II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,987. Kontribusi variabel Pengetahuan siswa tentang organisasi dan sikap demokratis terhadap Prilaku menghargai perbedaaan dapat dihitung menggunakan rumus koefisien diterminasi KD = R2 x 100% sehingga didapat hasil sebesar 97,4%.

Copyrights © 2019