MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 11 No. 1 (2024): Maret

Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Sekolah Akreditas A Dengan Sekolah Akreditas B di Kota Medan

Bangun, Noel Arborea (Unknown)
Silaban, Nixo Hardison (Unknown)
Tarigan, Stefanus (Unknown)
Alzana, Vivi Amelia (Unknown)
Wau, Yuserlin (Unknown)
Prasetia, Hary Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A dengan sekolah akreditas B di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar di Kota Medan yang berstatus akreditasi A dan B. Sampel penelitian ini diambil secara acak dari populasi tersebut dengan menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 27 siswa dari sekolah akreditasi A dan 15 siswa dari sekolah akreditasi B, sehingga total sampel penelitian adalah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah akreditas A di Kota Medan secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah akreditas B. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: fasilitas dan sarana olahraga, kurikulum pendidikan jasmani, dan kualitas guru pendidikan jasmani. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani tersebut dapat menjadi perhatian bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di sekolah-sekolah akreditas B di Kota Medan. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani dan kesehatan siswa, serta meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Copyrights © 2024