MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 11 No. 3 (2024): September

Pengaruh Model PBL Vs PJBL dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar PPKn

Salsabilla, Mya (Unknown)
Rufi’i, Rufi’i (Unknown)
Ujang, Ujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) serta kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada pemecahan masalah nyata yang kompleks, sementara PjBL berfokus pada penyelesaian proyek yang mendalam dan berkelanjutan. Kedua model ini dibandingkan untuk melihat efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar PPKn. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran berpikir kritis dalam mendukung pemahaman dan penguasaan materi PPKn. Abstract This research aims to analyze the influence of the Problem Based Learning (PBL) and Project Based Learning (PjBL) models as well as critical thinking skills on Pancasila and Citizenship Education (PPKn) learning outcomes. PBL is a learning model centered on solving complex real problems, while PjBL focuses on completing in-depth and sustainable projects. These two models were compared to see their effectiveness in improving PPKn learning outcomes. Apart from that, this research also explores the role of critical thinking in supporting understanding and mastery of PPKn material.

Copyrights © 2024