Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. keberadaan bimbingan konseling di lembaga pendidikan yang mengatasnamakan islam dalam menjalankan tugas bimbingannya tentu harus berpegang teguh pada ajaran islam sesuai dengan al-qur’an dan hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan konseling islam dalam mengatasi permasalahan siswa di sekolah MAN Dairi Sidikalang. metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik wawancara mendalam dengan guru Bk, wali kelas dan salah satu siswa. serta melakukan observasi langsung ke lapangan atau di lokasi penelitian tepatnya di sekolah MAN Dairi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan konseling islam memberikan manfaat yang signifikan bagi permasalahan siswa. Efektivitas bimbingan konseling islam yang dilakukan oleh guru Bk di sekolah madrasah aliyah dairi (MAN Dairi) antara lain yaitu : pertama, melakukan bimbingan konseling islam di awali dengan Basmallah dan di akhiri dengan do'a. Kedua, memberikan pengarahan tentang sikap tawadhu kepada siswa. Ketiga, memberikan motivasi pemahaman tentang agama. Keempat, membimbing dan mengarahkan siswa. Program ini membantu siswa mengembangkan keterampilan menghadapi stres, mengatasi masalah, serta berinteraksi sosial sehat. Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling islami efektif dalam menangani masalah yang dialami siswa.
Copyrights © 2024