MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 10 No. 1 (2023): Maret

Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam dalam Membangun Generasi Berkarakter Rahmatan Lil ‘Alamin

Masruchan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk manusia yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Namun, dinamika sosial dan perkembangan global menuntut adanya rekonstruksi paradigma pendidikan Islam agar lebih kontekstual, humanis, dan berorientasi pada nilai rahmatan lil ‘alamin. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis konsep rekonstruksi pendidikan Islam dalam membangun generasi berkarakter universal dan moderat. Melalui pendekatan studi pustaka dengan analisis deskriptif-analitis, tulisan ini menegaskan bahwa paradigma pendidikan Islam harus menyeimbangkan dimensi spiritual, intelektual, dan sosial. Pendidikan Islam perlu diorientasikan pada pembentukan karakter yang berlandaskan nilai kasih sayang, keadilan, dan kemanusiaan universal sebagaimana termaktub dalam prinsip rahmatan lil ‘alamin. Rekonstruksi paradigma ini diharapkan dapat menghasilkan sistem pendidikan formal yang tidak hanya melahirkan individu cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak dan berwawasan global. Abstract Islamic education has a strategic role in shaping individuals who are faithful, knowledgeable, and morally upright. However, social dynamics and global developments demand a reconstruction of the paradigm of Islamic education to be more contextual, humanistic, and oriented toward rahmatan lil ‘alamin values. This article aims to theoretically analyze the reconstruction of Islamic education in developing a generation with universal and moderate character. Using a literature review and descriptive-analytical approach, this study emphasizes that Islamic education must balance spiritual, intellectual, and social dimensions. It should focus on character formation grounded in compassion, justice, and universal humanity as stated in the principle of rahmatan lil ‘alamin. The reconstruction of this paradigm is expected to build a formal education system that produces not only intellectually capable individuals but also ethical and globally minded Muslims.

Copyrights © 2023