Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan
Vol 8, No 2 (2024)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN)

Oktari, Yati (Unknown)
Okmarisa, Heppy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih kurang dan monoton sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizlet terhadap hasil belajar siswa pada materi B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di SMK Abdurrab Pekanbaru. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan desain yang digunakan pretest-posttest control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TF 1 sebagai kelas kontrol dan X TF 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes berupa soal objektif dengan pengolahan data menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi, dan dokumentasi. Pada uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) = 0.002 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai (r2) = 0.173, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran quizlet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) sebesar 17.3%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konfigurasi

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Konfigurasi Membahas tentang pengembangan model / media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...