ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan melalui variabel intervening motivasi kerja pada produsen alas kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Populasi berasal dari pekerja produksi alas kaki di Kecamatan Ciomas. Teknik pengambilan sampel melalui proposional random sampling dengan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 136 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif signifikan dari seluruh hipotesis yang ada dalam penelitian yaitu pengaruh budaya organisasi, komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan dengan variabel intervening motivasi kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya perusahaan terus mengembangkan kemampuan para pekerja atau karyawan dengan dorongan motivasi untuk terus berkembang dan saling berbagi pengetahuan satu sama lain melalui jalinan komunikasi interpersonal yang baik. Dengan demikian, akan terwujud kinerja karyawan yang mampu menghasilkan produk dengan berbagai kebutuhan model yang diinginkan pasar maupun inovasi baru.ABSTRACTThis study aims to determine the effect of organizational culture and interpersonal communication on employee performance through the intervening variable of work motivation at footwear manufacturers in Ciomas District, Bogor Regency. The population comes from footwear production workers in the Ciomas District. The sampling technique was proportional random sampling, with the number of samples determined using the Slovin formula of 136 respondents. Data analysis used path analysis. The study's results showed a significant positive effect of all hypotheses, namely the impact of organizational culture and interpersonal communication on employee performance with the intervening variable of work motivation. The results of this study indicate the need for companies to continue to develop the abilities of workers or employees with motivational encouragement to continue to develop and share knowledge through good interpersonal communication. Thus, employee performance will be realized by producing products with various model needs desired by the market or innovations.
Copyrights © 2024