Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian menggunakan pendekatan metode campuran, yaitu gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dan dokumentasi dengan 60 siswa kelas XI jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) dan Teknik Konstruksi dan Properti (TKP). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan kesulitan belajar adalah motivasi belajar siswa, yang berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi Estimasi Biaya Konstruksi, seperti perhitungan volume pekerjaan dan analisis harga satuan. Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan keluarga juga turut mempengaruhi. Dengan menggunakan analisis faktor, ditemukan enam faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, yaitu motivasi belajar, lingkungan sekolah, intelegensi, lingkungan keluarga, minat belajar, dan lingkungan tempat tinggal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, serta menciptakan suasana yang lebih mendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK.
Copyrights © 2025