Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 6 No 4 (2025): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMK NEGERI 4 PARIAMAN

Rendi, Rendi (Unknown)
Syah, Nurhasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan. Dengan jenis penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak tujuh belas peserta didik dari tahun ajaran 2025/2026 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini memperlihatkan bahwasanya model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Desain Jalan dan Jembatan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai thitung pada siklus 1 adalah -9,414, nilai thitung pada siklus 2 adalah -7,158, dan nilai ttabel adalah 2,120, sebagaimana didapatkan melalui analisis t-test sampel berpasangan. H0 diterima jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel dan tingkat signifikansi 0,05. Sehingga, hipotesis Ha diterima, karena nilai thitung tidak memenuhi kriteria penerimaan untuk H0. maka, model Learning Cycle 5E terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Desain Pemodel Jalan dan Jembatan di SMKN 4 Pariaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...