Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan. Dengan jenis penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak tujuh belas peserta didik dari tahun ajaran 2025/2026 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini memperlihatkan bahwasanya model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Desain Jalan dan Jembatan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai thitung pada siklus 1 adalah -9,414, nilai thitung pada siklus 2 adalah -7,158, dan nilai ttabel adalah 2,120, sebagaimana didapatkan melalui analisis t-test sampel berpasangan. H0 diterima jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel dan tingkat signifikansi 0,05. Sehingga, hipotesis Ha diterima, karena nilai thitung tidak memenuhi kriteria penerimaan untuk H0. maka, model Learning Cycle 5E terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Desain Pemodel Jalan dan Jembatan di SMKN 4 Pariaman.
Copyrights © 2025