Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pembelajaran ilmu pengetahuan bumi dan antariksa (IPBA) di SMP Negeri 2 Bojong dari sudut pandang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD). Penelitian deskriptif kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Bojong belum sepenuhnya mengintegrasikan konsep ESD dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelajaran IPBA. Sumber daya belajar yang tidak memadai, prasarana yang tidak memadai, dan dukungan dari sekolah adalah masalah yang dihadapi guru saat menerapkan ESD. Studi ini menemukan bahwa prinsip-prinsip ESD seperti relevansi, interdisipliner, kritis, partisipatif, dan berorientasi pada tindakan dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran IPBA di SMP Negeri 2 Bojong. Disarankan agar guru membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan ESD.
Copyrights © 2023