Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa MI dengan menggunakan model CIPP. Model CIPP meliputi segi konteks, input, proses, dan produk dalam pembelajaran pasca pandemic di MI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan MIxsmethod yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kejadian mengenai objek yang akan di teliti. Data pada penelitian ini di peroleh dengan menggunakan angket. Yang mana bertujuan untuk mengetahui evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa SD/MI. Hasil dari penelitian ini ialah evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemi covid-19 pada siswa MI. Dari segi konteks, sekolah memerlukan program Pendidikan karakter sesuai visi dan misi sekolah. Dari segi input, integrasi program pendidikan karakter disesuaikan dengan kurikulum dan visi misi sekolah. Dari segi proses, partisipasi dalam terlaksananya program ini ialah kepala sekolah, guru, siswa, dan stakeholder komite orang tua. Dari segi produk, dampak program Pendidikan karakter ini sangat luar biasa bukan hanya dari siswanya, tetapi guru dan orang tua juga ikut melaksanakan.
Copyrights © 2023