Instructional Development Journal
Vol 6, No 3 (2023): IDJ

Implementation Of Character Education In The Post-Covid-19 Pandemic Era Of Mi Students In Pekanbaru City

Amir, Zubaidah (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)
Prayitno, Diara Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa MI dengan menggunakan model CIPP.  Model CIPP meliputi segi konteks, input, proses, dan produk dalam pembelajaran pasca pandemic di MI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan MIxsmethod yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kejadian mengenai objek yang akan di teliti. Data pada penelitian ini di peroleh dengan menggunakan angket. Yang mana bertujuan untuk mengetahui evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa SD/MI. Hasil dari penelitian ini ialah evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era  pasca pandemi covid-19 pada siswa MI. Dari segi konteks, sekolah memerlukan program Pendidikan karakter sesuai visi dan misi sekolah. Dari segi input, integrasi program pendidikan karakter disesuaikan dengan kurikulum dan visi misi sekolah. Dari segi proses, partisipasi dalam terlaksananya program ini ialah kepala sekolah, guru, siswa, dan stakeholder komite orang tua. Dari segi produk, dampak program Pendidikan karakter ini sangat luar biasa bukan hanya dari siswanya, tetapi guru dan orang tua juga ikut melaksanakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...