Deteksi dini tumbuh kembang anak merupakan langkah penting dalam mencegah keterlambatan perkembangan dan memastikan intervensi tepat waktu. Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan anak. Studi menunjukkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) masih terbatas. Pengabdian ini bertujuan menganalisis efektivitas pelatihan KPSP dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang. Desain penelitian yang digunakan pada pengabdian Pra-eksperimental one-group pretest–posttest, menggunakan instrumen kuesioner pengetahuan serta lembar observasi keterampilan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor pengetahuan dan keterampilan guru setelah pelatihan, terutama dalam mengidentifikasi aspek perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal–sosial. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan KPSP efektif dalam meningkatkan kapasitas guru PAUD untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang. Oleh karena itu, program pelatihan berkesinambungan perlu diintegrasikan dalam pengembangan kompetensi guru guna mendukung optimalisasi perkembangan anak.
Copyrights © 2025