Perilaku agresif dikalangan remaja saat ini semakin mengkhawatirkan, cukup marak remaja melakukan tindakan agresif seperti; tawuran, bullying, dan aksi konvoi dijalan membawa senjata tajam. Kurangnya ilmu pengajaran spiritual menjadi salah satu penyebab perilaku agresif muncul pada remaja. Diperlukan upaya untuk meminimalisir yang salah satunya dengan konseling kelompok behavioral. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas layanan konseling kelompok behavioral berbasis murottal Al-Qur’an untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Bawen. Menggunakan metode kuantitiatif one group pretest-posttest design. Populasi penelitian siswa kelas 8A berjumlah 20 siswa yang ikut ekstrakulikuler dan sampel 8 siswa yang tingkat agresifnya tinggi menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan uji ahli (expert judgement), uji validitas dan uji reliabilitas nilai Cronbanch’s Alpha 0,812>0,6. Teknik analisis data dengan uji statistik deskriptif dan uji paired sample t-test, hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,003<0,005 nilai t hitung 4,569. Menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment konseling kelompok behavioral berbasis murottal Al-Qur’an.
Copyrights © 2024