Penelitian ini membahas tentang Penerapan Teknik Assertive Training Pendekatan CBT Untuk Meningkkatkan Rasa Percaya Diri Pada Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan; Untuk membekali peserta didik dengan keterampilan berkomunikasi yang efektif dan sehat agar peserta didik dapat melindungi diri, menyatakan hak-hak, dan membangun hubungan yang lebih positif dengan orang lain. Jenis penelitian mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; adanya perubahan perilaku atas intervensi yang diberikan pada salah satu peserta didik dengan inisial NR kels X TKJ A di SMK Negeri 2 Gowa. Pelaksanaan Teknik Assertiv Training dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu :Self Monitoring, Self- Contracting, Self-Control, Reinforcement, dan Follow Up . Analisis data mengindikasikan peningkatan signifikan dalam rasa percaya diri NR, yang tercermin dari ketekunan dan komitmennya dalam mencintai diri sendiri. Proses ini membantu NR memahami nilai diri dan melindungi dirinya dari bullying, sehingga ia lebih siap menghadapi tantangan sosial dan membangun hubungan yang lebih sehat.
Copyrights © 2025