Bullying di sekolah memiliki dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan siswa, termasuk prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap prestasi akademik siswa di SMP Islam Athira Makassar. Dengan menggunakan metode studi kasus, penelitian ini menggali hubungan antara pengalaman bullying dan penurunan hasil belajar. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik wawancara mendalam dilakukan dengan siswa korban bullying dan guru mata pelajaran, Dokumentasi dilakukan dengan menganalisis laporan akademik siswa sebelum dan setelah pengalaman bullying dan observasi dengan mengamati perilaku siswa di dalam kelas dan interaksi mereka dengan teman sebaya. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara pengalaman bullying dan prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menjadi korban bullying cenderung mengalami penurunan konsentrasi, motivasi belajar, dan prestasi akademik. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kesadaran dan strategi pencegahan di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2023