Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di RA tuhfatul Athfal yang dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometris masih belum optimal, hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam memanfaatkan penggunaan media sandpaper tray untuk mengembangkan kognitif anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif Jenis desain dari penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan one-group prestes-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik uji t dan perhitungan melalui SPSS. Uji statistik dalam penelitian ini adalah menguji apakah media sandpaper tray berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk bangun datar geometri pada anak usia 4-5 tahun di RA Tuhfatul Athfal. Kemudian dari hasil perhitungan uji t Diperoleh Sig (0,000) < 0,05. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh media sandpaper tray terhadap kemampuan mengenal bentuk bangun datar geometri pada ana kusia 4-5 tahun di RA Tuhfatul Athfal.
Copyrights © 2024