Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen di the rice table indonesian restaurant desamuda villas seminyak bali

Heryana, I Putu Agus (Unknown)
Aprinica, Ni Putu Isha (Unknown)
Wardana, Miko Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi hal penting terhadap kinerja hotel. Untuk itu dalam memperoleh kepuasan konsumen dapat dilihat dari jumlah penjualan produk dan kualitas dari suatu produk, serta tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kualitas produk yang dilakukan oleh karyawan baik waiter dan waitress dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan di The Rice Table Indonesian Restaurant Desamuda Villas Seminyak Bali. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Sampel yang digunakan adalah konsumen The Rice Table Indonesian Restaurant dengan jumlah sebenyak 50 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan IBM SPSS Statistics 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2) Pengaruh kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kualitas produk yang diberikan waiter atau waitress terhadap kepuasan konsumen. Consumer satisfaction is important to hotel performance. For this reason, in obtaining consumer satisfaction, it can be seen from the number of product sales and the quality of a product, as well as the level of customer satisfaction with services. Consumer satisfaction is influenced by the quality of service and product quality carried out by employees both waiters and waitresses in providing services to consumers. This research was conducted at The Rice Table Indonesian Restaurant Desamuda Villas Seminyak Bali. The technique used in sampling is proportionate stratified random sampling. The sample used is the consumer of The Rice Table Indonesian Restaurant with a total of 50 respondents. The research method used is quantitative with IBM SPSS Statistics 24. The results of this study indicate that: 1) The effect of service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. 2) The effect of product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction. The benefit of this study is to determine the quality of service and product quality provided by the waiter or waitress on customer satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...