Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Maret 2024

Implementasi Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Menu Makanan pada Masa Pandemi Covid-19

Iriani, Dian Setiawati (Unknown)
Rinayanthi, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Tetiba Coffee Eatery merupakan salah satu kedai kopi di Jakarta Selatan yang mengalami penurunan penjualan akibat dampak dari pandemi covid-19. Perlu strategi promosi yang efektif agar penjualan pada menu makanan kembali meningkat. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Tetiba Coffee Eatery untuk meningkatkan penjualan menu makanan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Tetiba Coffee Eatery untuk meningkatkan penjualan pada menu makanan pada masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang digunakan Tetiba Coffee Eatery dalam meningkatkan penjualan menu makanan pada masa pandemi Covid-19 ini adalah advertising, direct promotion dan menggunakan sales promotion. Kesimpulan yang didapat adalah hasil dari strategi promosi yang digunakan oleh Tetiba Coffee Eatery sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, terdapat peningkatan penjualan menu makanan terutama sejak kembalinya Tetiba Coffee Eatery dibuka pada pertengahan Oktober 2020. Tetiba Coffee Eatery is one of the coffee shops in South Jakarta that has experienced a decline in sales due to the impact of the covid-19 outbreak. An effective promotional strategy is needed so that sales on the food menu increase again. So the purpose of this study is to find out how the promotional strategy carried out by Tetiba Coffee Eatery to increase sales on the food menu during the Covid-19 pandemic. The data collection methods used in this research are observation, documentation study, and interviews. The data analysis method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate that the promotional strategies used by Tetiba Coffee Eatery in increasing food menu sales during the Covid-19 pandemic are advertising, direct promotion and using sales promotion. The conclusion obtained is that the results of the promotional strategies used by Tetiba Coffee Eatery are in accordance with what is expected, there is an increase in food menu sales, especially since the return of Tetiba Coffee Eatery opened in mid-October 2020.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...