Kemajuan teknologi mengakibatkan perubahan pada saluran media dari media konvensional menjadi lebihdigital, yang digunakan dalam praktik kehumasan oleh praktisi Public Relations (PR) perusahaan apapuntermasuk stasiun radio. Ardan Radio memiliki PR yang melakukan praktik digital public relations pada akunmedia sosial milik perusahaan. PR Ardan menggunakan media sosial sebagai saluran media untuk membangunhubungan dengan publik terutama publik eksternal. Fokus bahasan pada penelitian ini ada pada praktikkehumasan digital pada manajemen media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktikkehumasan yang dilakukan stasiun radio Ardan media sosial Instagram dan konten-konten di dalamnya. Penelitimenggunakan teori digital public relations Onggo dan teori manajemen PR pada media sosial Cutlip & Center.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif degan metode studi kasus menurut Robert K Yin. Prosespengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi serta studikepustaakan. Hasil dari penelitian, terdapat tahap pada manajemen media sosial oleh PR yaitu fact finding,planning, communication, dan evaluation. Kemudian dikumpulkan dan ditarik kesimpulan bahwa Ardanmenerapkan praktik kehumasan pada media digital Instagram mengikuti tren yang berlangsung demi menarikperhatian target public Ardan yaitu kelompok publik remaja.Kata Kunci-digital public relations, manajemen media sosial, dan praktek kehumasan.
Copyrights © 2023