eProceedings of Management
Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Indihome Di Bandung)

Muzhoffar, Ghifari Zain (Unknown)
Rachmawati, Indira (Unknown)
Tantra, Tarandhika (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Internet sudah menjadi kebutuhan primer saat ini. Banyak hal yang dilakukan manusia membutuhkan akses internet,sehingga menjadikan internet tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Setiap tahunnya pengguna internet diIndonesia selalu meningkat, dengan penetrasi terbesar di pulau Jawa sebesar 56,4%. Dari 56,4% tersebut provinsiJawa Barat memiliki penetrasi terbesar yaitu 17,9%. Namun, meningkatnya jumlah pengguna internet tidak diikutioleh meningkatnya jumlah pengguna Indihome di Bandung. Hal ini ditunjukan oleh data perusahaan yang menunjukanjumlah pengguna barunya menurun dari tahun 2020 sebanyak 70.076 menjadi 47.214 di tahun 2021 dan meningkatnyachurn di periode yang sama dari 8.081 menjadi 10.144. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitaspelayanan dengan dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible terhadap loyalitaspelanggan Indihome di Bandung. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial kepada 322responden pengguna Indihome di Bandung. Pengujian dilakukan dengan menggunakan SEM dengan bantuan aplikasiSmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Reliability, Responsiveness, Empathy, dan Tangible berpengaruhpositif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Assurance berpengaruh positif namun tidak signifikan. Hasilpenelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi para penyedia layanan internet rumah di luar sana agarmeningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.Kata Kunci-kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, internet fiber, SEM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...