eProceedings of Management
Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023

Analisis Tingkat Kesadaran Konsumen Muslim Indonesia Terhadap Produk Halal: Studi Siswa SMA Kota Bandung

Taufani, Arfian Husni (Unknown)
Hendayani, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk yang beragama msulim menyebabkan pemenuhan akan berbagai aspek dalamkebutuhan hidup konsumen semakin meningkat, salah satunya yaitu peningkatan akan produk-produk atau jasa yangberlabelkan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religious belief,health reasons,logo certification dan exposure terhadap halal supply chain awareness. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifdengan tujuan penelian yaitu kausal. Pengumpulan data dengan menggunakan metode non probability samplingsebanyak 402 responden siswa SMA di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datakuisioner dengan skala ordinal dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial LeastSquares Strucutral Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwareligious belief berpengaruh secara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes, health reasonsberpengaruh secara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes, dan logo certification berpengaruhsecara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes pada siswa SMA di Kota Bandung. Sedangkanexposure berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap halal supply chain awareness pada siswa SMA di KotaBandung. Adapun saran dari hasil penelitian ini yaitu lebih memperhatikan sisi kebersihan bahan baku, produksi,pengemasan sehingga bisa dikonsumsi oleh konsumen dengan aman dan dapat meningkatkan kesadaran konsumenakan produk yang halalKata Kunci-halal supply chain awareness, religious belief, health reasons, logo certification, exposure

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...