Peningkatan pesat jumlah pengguna internet di Indonesia dan pertumbuhan penggunaan kecerdasan digitalmemberikan peluang baru bagi para pemasar untuk memasarkan produk mereka dan mendorong konsumenuntuk melakukan pembelian. Pemasaran melalui media sosial merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan diplatform media sosial. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Skintific untuk menjual produknya melalui media sosial,terutama Instagram, dan membangun kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauhmana pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap niat pembelian konsumen Skintific yang dimediasioleh faktor kepercayaan konsumen. Aspek yang diteliti mencakup pemasaran melalui media sosial, niatpembelian konsumen, dan kepercayaan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengantujuan mengukur sejauh mana hubungan sebab-akibat dari variabel yang membentuk model persamaan strukturalmelalui survei yang menggunakan skala Likert untuk 16 item pertanyaan. Indikator data dari masing-masingvariabel hasil survei diuji untuk validitas dan reliabilitas sebelum menguji hipotesis dalam uji kecocokan model.Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu denganmelakukan convenience sampling pada 200 responden melalui kuesioner online menggunakan Google Form.Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan model penelitian SEM (analisis jalur). Hasil penelitian inimenyimpulkan bahwa pemasaran melalui media sosial dan kepercayaan konsumen terhadap merekmemengaruhi niat pembelian konsumen terhadap produk Skintific, dan kepercayaan konsumen terbukti sebagaivariabel mediator antara pemasaran melalui media sosial dan niat pembelian konsumen terhadap produkSkintific Kata Kunci-customer trust, consumer purchase intentions, dan social media marketing.
Copyrights © 2024