ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 5 No 1 (2021): FEBRUARI

Analisis Kemampuan Spatial Visualization Siswa Sekolah Dasar dalam Pemecahan Masalah Geometri: Ditinjau dari Kemampuan Matematika Tingkat Tinggi

Lestari, Dinar Dwi Putri (Unknown)
Budiarto, Mega Teguh (Unknown)
Lukito, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan spasial sangat berkaitan erat dengan geometri. Kemampuan spasial mendukung pemahaman tentang dunia geometris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan spasial siswa SD khususnya spatial visualization dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6  SD. Hasil penelitian yang berpendekatan kualitatif ini menggunakan indikator kemampuan spasial yang diadaptasi dari penelitian Lawrie, et al. (2016)  dilaksanakan dengan mengggunakan metode triangulasi waktu yakni membandingkan hasil tes  dari siswa beserta wawancaranya dengan hasil tes yang setara beserta wawancaranya pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kemampuan tinggi mempunyai kemampuan spatial visualization yang berbeda dalam menyelesaikan tugas pemecahan masalah geometri.Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Spatial Visualization, Geometri Sekolah Dasar, Matematika SD Abstract: Spatial ability is closely related to geometry. Spatial abilities support understanding of the geometric world. This study aims to describe the profile of elementary school students' spatial abilities, especially spatial visualization, with high mathematical skills in solving geometric problems. The subjects in this study were students of grade VI SD. The results of this research using a qualitative approach using spatial ability indicators adapted from Lawrie's research were carried out by using the time triangulation method, namely comparing test results from students and their interviews with test results that were equivalent to tests and interviews at different times. The results of this study indicate that high ability students have different spatial visualization abilities in solving geometry problem solving tasks.Keywords: Spatial Ability, Spatial Visualization, Elementary School Geometry, Elementary Mathematics

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...