Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2024): January - April 2024

Implementasi Hipnoterapi Self Talking dengan Inovasi Reward ASYIK Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini

Romdhonah, Ratu (Unknown)
Watini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Hipnoterapi adalah jenis terapi yang melibatkan Guru dan Anak, yang kemudian digunakan untuk mengubah pola pikir atau perilaku yang tidak diinginkan. Selftalking adalah teknik yang digunakan untuk membantu seseorang mengubah pola pikir atau perilaku dengan cara mengucapkan kata-kata positif kepada dirinya sendiri. Dalam hipnoterapi, anak dipandu memasuki keadaan tenang dan nyaman, di mana pikiran dan tubuhnya menjadi lebih santai dan terbuka terhadap sugesti positif yang diberikan oleh Guru. Sugesti digunakan untuk mengubah pola pikir anak, dengan memberikan pernyataan positif menggunakan Reward Asyik diawali dengan kegiatan relaksasi, dengan menyayikan lagu yang disukai oleh anak. Menggunakan hipnoterapi selftalking anak belajar menanamkan pola pikir positif dan memperkuat keyakinan terhadap dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Reward Asyik yang diimplementasikan pada hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan partisipasi dan antusiasme anak dalam belajar, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa inovasi Reward Asyik pada implementasi hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di TK, metode ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...