Indonesia Berdaya
Vol 5, No 3 (2024)

Strategi Pengembangan Sektor UMKM Rapulung Art’s Pasca Pandemi di Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat

Cahyani, Khairia Regita (Unknown)
Jufri, Akhmad (Unknown)
Masrun, Masrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rapulung Art’s Masa Pandemi di Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Rapulung Art’s menggunakan strategi agresif yang berada di posisis kuadran I diantaranya: (1) memanfaatkan keberadaan KEK Mandalika untuk menjual produk UMKM Rapulung Art’s, (2) Dengan adanya hubungan yang baik dengan konsumen bisa memicu adanya pelanggan tetap atau konsumen tetap, (3) dengan adanya rumah produksi sendiri bisa memaksimalkan pembuatan produk. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...