PEDAGOGI
Vol 11 No 2 (2025): AGUSTUS

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Tri Yuliandari, Elmi (Unknown)
Mirnawati, Lilik Binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menekankan 4 keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis atau critical thinking. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses penerapan model Project Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran di kelas satu sekolah dasar serta mendeskripsikan bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa muncul dan berkembang melalui aktivitas PJBL. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek penelitian terdiri dari guru, siswa kelas satu SD Muhammadiyah 18 Surabaya, dengan data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa nampak dalam 3 indikator yang menjadi fokus penelitian yakni kemampuan mengajukan pertanyaan, memberikan alasan dan membuat keputusan. Namun pada sesi diskusi nampak siswa juga mampu menanggapi pendapat, sertamelakukan evaluasi terhadap hasil karya sesama kelompok . Penerapan PjBL dapat mendorong siswa untuk berani berpendapat dan berkolaborasi. Dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pelaksanaan PjBL diperlukan bimbingan dan peran aktif dari guru, media yang sesuai serta perlu waktu yang lebih banyak dan SDM yang memadai minimal dibimbing dua guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa PJBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas satu SD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...