JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Kesiapan Belajar dan Keterampilan Komunikasi Lisan terhadap Kemampuan Bernalar Kritis pada Pembelajaran IPA

Nurina Fitarini (Unknown)
Rina Hidayati Pratiwi (Unknown)
Maria Cleopatra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka mengusung paradigma pendidikan baru dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Salah satu dimensi yang termasuk didalamnya adalah bernalar kritis. Kemampuan bernalar kritis peserta didik ditunjang oleh aspek-aspek yang terlibat dalam proses pembelajaran misalnya kesiapan belajar dan keterampilan komunikasi lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar (X1) dan keterampilan komunikasi lisan (X2) terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA (Y) di SMP Negeri Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 87 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert untuk variabel X1 dan X2 serta tes objektif dengan pilihan ganda untuk variabel Y. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar dan keterampilan komunikasi lisan secara bersama-sama terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan Fhitung = 31,732; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan thitung = 4,972; 3) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan komunikasi lisan terhadap kemampuan bernalar kritis pada pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Sig=0,000<0,005 dan thitung = 3,983.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...