JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Media Fun Thinkers Book terhadap Peningkatan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi IPA Kelas V

Tri Mulya (Unknown)
Laminah, Laminah (Unknown)
Zubaidah Amir MZ (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Riset ini membuktikan banyak siswa kurang memahami materi pembelajaran mengakibatkan hasil belajar rendah, riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fun thinkers book terhadap berfikir kreatif siswa kelas V SDIT BPMAA Pekanbaru. Riset ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan konsep nonequivalent control grup design. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobablility sampling, teknik pengumpulan data adalah observasi, dan uji. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil (prestest) merupakan 56,1 pada kualifikasi kurang, sebaliknya angka pada umumnya kategori pengawasan merupakan 48,4 terletak pada kualifikasi kurang. Pada informasi keahlian akhir (postest) angka pada umumnya kelas eksperimen adalah 74,8 berada pada kualifikasi sangat bagus, sedangkan angka (postest) kategori pengawasan merupakan 69,5 pada kualifikasi amat bagus. Hasil pengetesan uji-t diketahui angka angka tℎ???????????????????? 3,219 ≥ ???? ???????????????????? 1,677 taraf signifikan 5%. Hingga ???????? diperoleh serta ???????? ditolak, dapat pula diamati pada nilai sig (2-tailed) 0,020 ≤ 0,05 hingga ???????? ditolak serta ???????? diperoleh. Hasil ini membuktikan jika terdapat akibat media Fun Thinkers Book terhadap berfikir inovatif siswa materi IPA dalam riset ini dikategorikan dapat diandalkan. Riset disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap keterampilan berfikir kreatif siswa muatan IPA kelas V SDIT BPMAA Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...