JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan E-Asesmen Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Fitri Kurniati (Unknown)
Ika Ratnaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Kurangnya variasi dalam asesmen di akhir pembelajaran dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar, karena siswa cenderung bosan mengerjakan soal yang kurang bervariasi dan bersifat konvensional menggunakan kertas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, melakukan uji kelayakan, serta mengetahui respon dari siswa dan guru terhadap asesmen berbasis elektronik (e-asesmen) berbasis liveworksheet ini. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Fokus materi penelitian yaitu harmoni dalam ekosistem. Dengan subjek penelitian yaitu 30 siswa, guru, validator materi, dan validator media. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan angket yang kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-asesmen berbasis liveworksheet sangat layak digunakan, dengan skor rata-rata validator materi sebesar 90,27% dan validator media sebesar 88,88%, dan dikategorikan sangat layak. Skor tanggapan siswa kelompok kecil yaitu 95,83%, dan kelompok besar memperoleh persentase 97,53%. Tanggapan guru pada kelompok kecil sebesar 93,75% dan pada kelompok besar 97,92%, dimana respon guru dan siswa masuk dalam kategori sangat layak. Efektivitas e-asesmen berbasis liveworksheet ini juga termasuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,84 kelompok kecil dan 0,74 kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut, e-asesmen berbasis liveworksheet dinyatakan sangat layak digunakan dalam asesmen pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...