JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Hafizhah, Nabila (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)
Rusdianto, Rusdianto (Unknown)
Isa Suhada (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Rendahnya keterampilan siswa dalam berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA menjadi latar belakang penelitian ini. Keterampilan berpikir kreatif siswa tersebut dapat dikembangkan dengan bantuan sebuah produk berupa buku ajar IPA yang didasarkan pada potensi lokal Desa Grenden. Tujuan dari hal tersebut untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku ajar IPA yang berfokus pada potensi lokal Desa Grenden dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kreatif pada materi isu-isu lingkungan. Research & Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Siswa SMP Negeri 1 Puger kelas 9B merupakan subjek yang diuji dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa buku ajar IPA berbasis potensi lokal Desa Grenden memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi (91%), kepraktisan yang sangat baik (92%), dan mendapatkan respons positif dari siswa (86%). Selain itu, nilai N-gain sebesar 0,68 yang diperoleh dari uji keefektifan termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini menekankan bahwa penggunaan buku ajar IPA dalam proses pembelajaran dapat secara valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kreatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...