Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Vol 21, No 2 (2017): Jurnal Studi Komunikasi dan Media

MEDIA DAN SURVEILENCE (Content Analysis Suratkabar mengenai Valence Issue melalui Headline-nya pada Edisi Juli 2017)

felix tawaang (BPPKI Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya berupaya menemukan jawaban mengenai  fenomena valence issue dalam peng-agendaan Suratkabar Ibu kota. Mengacu pada analisis dan diskusi terhadap fenomena valence baik dalam konteks Konten fisik dan Konten (aktor) kiranya itu memperlihatkan fenomena penekanan oleh organisasi media. Media massa memberi penekanan pada isu-isu tertentu dan sesuai temuan tadi tampak di antara keempat suratkabar itu cenderung tidak sama penekanannya atas isu-isu yang ada di lingkungannya. Keterjadian fenomena ini sendiri memang sudah diasumsikan oleh teori agenda setting, bahwa apa yang dianggap penting oleh pembaca dalam pandangan redaksi maka itulah yang dijadikan objek penekanan oleh pihak media. Dengan demikian di antara sesama media memiliki makna ‘kepentingan’ yang relatif atas berbagai isue. Di sisi lain, temuan terkait fenomena valence dimaksud juga menjadi bukti bahwa fenomena variasi yang terjadi dalam hal valence di antara keempat suratkabar tadi juga menjadi cermin hasil perhitungan pihak organisasi media dalam proses enkoding-nya. 

Copyrights © 2017