Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media E-Komik interaktif pada materi ikatan kimia kelas XI SMA. Research and Development (R&D) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan mengadopsi model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hanya sampai tahap Develop dan difokuskan pada uji kepraktisan. Subjek penelitian adalah 34 orang kelas XI MIPA yang berada di suatu SMA di Surabaya. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis data menggunakan skala Guttman dan interpretasi berdasarkan kategori penilaian Riduwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas relevan dalam observasi mencapai 73,9% yang termasuk dalam kategori baik dan seluruh aspek dalam angket respon memperoleh persentase di atas 80% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan temuan ini, E-Komik interaktif dinyatakan praktis dan cocok dipakai sebagai media edukasi yang menarik, mudah digunakan, serta mampu meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran kimia.
Copyrights © 2025