Kemampuan argumentasi ilmiah menjadi bagian penting dari pembelajaran IPA abad 21 yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini mengindikasikan bagaimana siswa dapat menyampaikan pendapat berdasarkan bukti dan penalaran kritis terhadap suatu fenomena. Untuk itu, perlu penerapan model yang tepat untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP dengan penerapan model problem based learning berbasis SSI. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini yakni kelas VIII F dengan jumlah 30 siswa. Instrumen peneltiian yakni lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes dan rubrik tes uraian. Hasil analisis data keterlaksanaan model problem based learning berbasis SSI yakni sebesar 91,21% dengan kategori sangat praktis. Peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah diuji menggunakan N-Gain dengan hasil uji sebesar 0,26 untuk siklus 1 dengan kategori rendah dan 0,55 untuk siklus 2 dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas VIIIF dari siklus 1 ke siklus 2.
Copyrights © 2025