JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Teknik Round Robin dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa

Nurdianah Abdul Kadir (Unknown)
Usman Usman (Unknown)
Agung Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Rendahnya partisipasi siswa dalam pelajaran kimia dan kurang bervariasinya model pembelajaran menyebabkan hasil belajar yang rendah. Penerapan teknik Round Robin dalam model Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan mampu menjadi alternatif guna menghadapi persoalan ini. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh teknik Round Robin dalam model TAI terhadap hasil belajar siswa pada topik hukum dasar kimia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan sampel dipilih secara purposive, dimana kelas X-F sebagai kelas eksperimen dan kelas X-G sebagai kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan software SPSS 26 dan menunjukkan rata-rata hasil posttest untuk kelas kontrol yaitu 61,39 dan kelas eksperimen sebesar 70,97. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney didapatkan nilai signifikansi 0,018 ≤ 0,05 menandakan adanya pengaruh penggunaan teknik Round Robin dalam model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar siswa mengenai materi hukum dasar kimia. Penggunaan teknik Round Robin dalam model TAI ini dapat membuat diskusi siswa lebih berjalan sehingga keaktifan siswa meningkat yang akan mempengaruhi hasil belajar karena tukar pikiran antar siswa yang membuat siswa menerima materi lebih mudah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...