JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Penerapan Padlet Berbasis RICOSRE pada Mata Kuliah Biologi Umum

Ika Dewi Sumiati (Unknown)
Intan Lestari Mulyaning Tyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran abad ke-21 yang termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Pengembangan keterampilan ini memerlukan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi, seperti penggunaan Padlet dalam lembar kerja (worksheet) yang dirancang menggunakan model RICOSRE (Reading, Problem Identification, Solution Construction, Problem Solving, dan Review). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa melalui penerapan Padlet pada Worksheet berbasis model RICOSRE Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain pretest-posttest dengan dua kelompok. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan berpikir kreatif yang disusun berdasarkan indikator kreativitas. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) untuk melihat perbedaan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (t(61) = 68,96, p < 0,0001). Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan Padlet dalam Worksheet berbasis RICOSRE secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...