Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran abad ke-21 yang termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Pengembangan keterampilan ini memerlukan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi, seperti penggunaan Padlet dalam lembar kerja (worksheet) yang dirancang menggunakan model RICOSRE (Reading, Problem Identification, Solution Construction, Problem Solving, dan Review). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa melalui penerapan Padlet pada Worksheet berbasis model RICOSRE Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain pretest-posttest dengan dua kelompok. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan berpikir kreatif yang disusun berdasarkan indikator kreativitas. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test) untuk melihat perbedaan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (t(61) = 68,96, p < 0,0001). Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan Padlet dalam Worksheet berbasis RICOSRE secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.
Copyrights © 2025